Kirim ke RSS

Road to Java GUI

Posted by windkuat on Thursday, April 8, 2010


He hei... sahabat edukita.co.cc saatnya kita beranjak ke java GUI.. yuk kita belajar dulu pendahuluannya. Kan tak kenal maka tak sayang dunx friend (halah dari tadi kok crita mlulu....) hehe.. mulai aja yuk..
  1. Apa itu GUI?
GUI adalah suatu teknik pemrograman yang memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik. Pengguna berinteraksi dengan berbagai elemen grafis, seperti button, dialog box, menu, dsb.
Dengan GUI seseorang akan lebih mudah untuk menggunakan aplikasi maupun membuat aplikasi. Hal tersebut dikarenakan pengguna secara langsung berinteraksi dengan aplikasi GUI tersebut. Aplikasi yang berbasiskan GUI menggunakan form-form sebagai media interaksi dengan pengguna. Berbeda dengan aplikasi non GUI yang menggunakan text sebagai media interaksinya.
  1. Apa itu java GUI?
Java GUI adalah teknik pemrograman berorientasi objek yang menggunakan tampilan grafis sebagai interaksi dengan pengguna aplikasi. Pada pemrograman java GUI, salah satu cara untuk mengimplementasinya adalah dengan menggunakan java.awt. Cara lain yang digunakan adalah memakai swing.
  1. Java GUI dengan AWT
AWT (Abstract Window Toolkit) menggunakan window pada local computer. Dengan demikian pada pengguanaan java.awt jendela (window) yang dihasilkan adalah sesuai dengan operating system computer. Berikut ini adalah diagram interaksi awt dengan system computer:


Keterangan:
  1. Program meminta sebuah komponen, misalnya tombol berdasarkan pustaka pada AWT.
  2. Permintaan program yang menggunakan komponen yang didefinisikan oleh AWT dipetakan ke objek peer yang terkait dan
  3. peer pasangan dari komponen disampaikan ke system window
  4. System window menampilkan window tombol layar
  5. Pemakai menekan tombol tersebut
  6. Sistem Window menyampaikan kejadian ini ke penangan kejadian Java
  7. Dan melanjutkan ke program.

  1. Komponen-Komponen dalam paket AWT
    1. Component
Kelas dasar untuk semua komponen yang mendukung system window. Kelas ini memiliki metode yang berfungsi untuk memproses kejadian dari pemakai, misalnya ketika pemakai menekan suatu tombol (button).
    1. Container
Kelas yang berfungsi sebagai wadah bagi sejumlah komponen yang dikelompokkan. Komponen ini terlihat secara fisik. Metode yang sering dilibatkan adalah add(). Metode ini dapat digunakan untuk meletakkan komponen yang akan diletakkan pada wadah ini ataupun untuk menentukan posisi Container relative terhadap jendela.
    1. Panel
Merupakan subkelas dari Container. Digunakan sebagai wadah untuk sejumlah komponen yang saling terkait. Panel merupakan ruang kecil yang biasanya berada dalam sebuah objek Frame.
    1. Window
Merupakan jendela kosong yang tidak memiliki tepi ataupun batang menu (menu bar). Dapat digunakan untuk mewujudkan menu pop-up. Biasanya kelas ini jarang digunakan, mengingat dua sub kelasnya (yaitu Frame dan Dialog) lebih bermanfaat.
    1. Frame
Merupakan subkelas dari Window. Memungkinkan untuk membuat jendela yang dilengkapi dengan judul.
    1. Dialog
Merupakan kelas untuk membuat jendela yang bersifat pop-up yang memungkinkan pemakai mengetikkan text. Yang lebih menarik, terdapat sub kelas FileDialog yang dapat menampilkan daftar file yang dapat dipilih oleh pemakai. Kelas Dialog memungkinkan untuk membuat jendela yang bersifat modal ataupun modeless.
    1. Applet
Merupakan subkelas dari Panel. Bermanfaat untuk menangani aplikasi yang berjalan pada Web Browser.
read more "Road to Java GUI"

OOP dalam java

Posted by windkuat on

Hai sobat.. Ketemu lagi nich.. Pada materi sebelumnya telah kita singgung tentang pengertian java dan tentang versi java dan sekarang saatnya masuk ke pemrogrammannya. Kita mulai dari belajar OOP dulu ya. Pernahkan anda sebelumnya mendengar atau melihat akronim OOP? Akronim OOP mempunyai kepanjangan Object Oriented Programming atau dalam bahasa indonesia lebih sering dikenal dengan Pemrograman Berorientasi Objek. Pemrograman berorientasi objek memiliki keistimewaan yaitu kita dapat membuat aplikasi yang serupa cetakan. Cetakan tersebut bisa dipakai untuk pembuatan objek. Untuk lebih jelasnya mari kita lakukan saja (wah lakukan apa nich.... hehe)..

Java terdiri dari kelas (class)

Kelas dalam java digunakan untuk menyimpan program java. Dalam kelas mempunyai komponen utama yaitu variabel instan dan metode untuk kelas. Misalkan saya mencontohkan kelas mobil. Misalnya mobil memiliki variabel merek, tipe dan mobil memiliki metode untuk mengemudikan mobil, membelokkan mobil, dsb. Contoh kelas sederhana:

class mobil{

    String merek;

    String tipe;

    void mengemudikanMobil(){

    }

}

Dalam kelas ada Variable dan Method (metode)

Pada contoh kelas diatas merupakan kelas sederhana yang terdiri atas dua variabel bertipe data String yaitu merek dan tipe. Kelas diatas juga memiliki metode mengemudikanMobil().
Konstruktor
Kostruktor merupakan metode yang memiliki nama yang sama dengan class. Konstruktor digunakan untuk memberikan nilai awal saat objek diciptakan. Konstruktor dipanggil secara otomatis pada saat menciptakan objek. Tepatnya pada saat memakai new.
read more "OOP dalam java"

TUTORIAL DASAR ADOBE FLASH

Posted by windkuat on

Hai sobat... Masih penasaran ya ma Adobe Flash CS 4. Adobe Flash CS 4 memiliki area kerja yang mirip dengan Flash CS 3 (namanya aja satu perusahaan he he). Tetapi secara 'default' pada Adobe Flash CS 4 ada beberapa tool bar yang dipindah posisinya. Nampaknya aja seperti baru dunx. Untuk memulai
pengenalan kita mulai aja. Yuks mariie.....

MengenaI Area Kerja FIash CS 4

Adobe Flash CS4 merupakan versi terbaru dari Flash. Sejak diakuisisi oleh
Adobe, kemampuan dan fitur-fiturnya menjadi sangat lengkap
dan kompleks sehingga dapat digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi
seperti animasi web, kartun, multimedia interaktif, sampai aplikasi untuk
ponsel. Selain itu, Flash CS 4 juga kompatibel dengan software-software
desain dan animasi lainnya. Untuk memulai menggunakan Flash CS 4,
sebaiknya kita mengenal area kerjanya terlebih dahulu. Sesuai kata
pepatah, tak kenal maka tak sayang. Hal tersebut tentunya akan
mempermudah kita dalam memahami program.
Sebelum mengenal Adobe Flash CS 4 alangkah baiknya kita belajar dulu Adobe Flash CS3, karena hanya terdapat sedikit perbedaan mendasar pada Flash CS 3 dan CS 4. Untuk memulainya, perhatikan gambar di bawah ini:

Pengantar Adobe Flash
Keterangan Gambar:
  • Menu Bar
    adalah sekumpulan perintah yang digunakan dalam Flash, seperti menu
    FiIe > New yang berfungsi untuk menyimpan file Flash.

  • TooIbar
    adalah sekumpulan tool yang digunakan untuk menggambar dan
    mengedit objek (Tools), mengatur sudut pandang (View), menentukan
    warna (Colors), dan opsi pilihan dari setiap tool yang ada (Options).
  • PaneI TimeIine
    adalah panel yang berfungsi mengatur jalannya animasi yang kita buat. Di
    sini kita bisa mempercepat maupun memperlambat animasi.
  • Stage
    adalah kanvas tempat kita meletakkan dan mengedit objek-objek Flash.
  • PaneI Properties
    adalah panel yang menampilkan atribut dari suatu objek yang sedang aktif
    sehingga atribut objek tersebut dapat kita ubah.
  • PaneI Actions
    adalah panel yang berisikan bahasa pemrograman ActionScript yang
    digunakan untuk membuat animasi interaktif.
  • PaneI CoIor
    adalah panel yang berfungsi untuk mengatur komposisi warna stroke
    maupun fill pada objek.
  • Library
    adalah panel yang berfungsi untuk menyimpan objek-objek yang telah
    dijadikan symbol.
read more "TUTORIAL DASAR ADOBE FLASH"