Road to Java GUI

Posted by windkuat on Thursday, April 8, 2010 | 9 komentar


He hei... sahabat edukita.co.cc saatnya kita beranjak ke java GUI.. yuk kita belajar dulu pendahuluannya. Kan tak kenal maka tak sayang dunx friend (halah dari tadi kok crita mlulu....) hehe.. mulai aja yuk..
  1. Apa itu GUI?
GUI adalah suatu teknik pemrograman yang memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik. Pengguna berinteraksi dengan berbagai elemen grafis, seperti button, dialog box, menu, dsb.
Dengan GUI seseorang akan lebih mudah untuk menggunakan aplikasi maupun membuat aplikasi. Hal tersebut dikarenakan pengguna secara langsung berinteraksi dengan aplikasi GUI tersebut. Aplikasi yang berbasiskan GUI menggunakan form-form sebagai media interaksi dengan pengguna. Berbeda dengan aplikasi non GUI yang menggunakan text sebagai media interaksinya.
  1. Apa itu java GUI?
Java GUI adalah teknik pemrograman berorientasi objek yang menggunakan tampilan grafis sebagai interaksi dengan pengguna aplikasi. Pada pemrograman java GUI, salah satu cara untuk mengimplementasinya adalah dengan menggunakan java.awt. Cara lain yang digunakan adalah memakai swing.
  1. Java GUI dengan AWT
AWT (Abstract Window Toolkit) menggunakan window pada local computer. Dengan demikian pada pengguanaan java.awt jendela (window) yang dihasilkan adalah sesuai dengan operating system computer. Berikut ini adalah diagram interaksi awt dengan system computer:


Keterangan:
  1. Program meminta sebuah komponen, misalnya tombol berdasarkan pustaka pada AWT.
  2. Permintaan program yang menggunakan komponen yang didefinisikan oleh AWT dipetakan ke objek peer yang terkait dan
  3. peer pasangan dari komponen disampaikan ke system window
  4. System window menampilkan window tombol layar
  5. Pemakai menekan tombol tersebut
  6. Sistem Window menyampaikan kejadian ini ke penangan kejadian Java
  7. Dan melanjutkan ke program.

  1. Komponen-Komponen dalam paket AWT
    1. Component
Kelas dasar untuk semua komponen yang mendukung system window. Kelas ini memiliki metode yang berfungsi untuk memproses kejadian dari pemakai, misalnya ketika pemakai menekan suatu tombol (button).
    1. Container
Kelas yang berfungsi sebagai wadah bagi sejumlah komponen yang dikelompokkan. Komponen ini terlihat secara fisik. Metode yang sering dilibatkan adalah add(). Metode ini dapat digunakan untuk meletakkan komponen yang akan diletakkan pada wadah ini ataupun untuk menentukan posisi Container relative terhadap jendela.
    1. Panel
Merupakan subkelas dari Container. Digunakan sebagai wadah untuk sejumlah komponen yang saling terkait. Panel merupakan ruang kecil yang biasanya berada dalam sebuah objek Frame.
    1. Window
Merupakan jendela kosong yang tidak memiliki tepi ataupun batang menu (menu bar). Dapat digunakan untuk mewujudkan menu pop-up. Biasanya kelas ini jarang digunakan, mengingat dua sub kelasnya (yaitu Frame dan Dialog) lebih bermanfaat.
    1. Frame
Merupakan subkelas dari Window. Memungkinkan untuk membuat jendela yang dilengkapi dengan judul.
    1. Dialog
Merupakan kelas untuk membuat jendela yang bersifat pop-up yang memungkinkan pemakai mengetikkan text. Yang lebih menarik, terdapat sub kelas FileDialog yang dapat menampilkan daftar file yang dapat dipilih oleh pemakai. Kelas Dialog memungkinkan untuk membuat jendela yang bersifat modal ataupun modeless.
    1. Applet
Merupakan subkelas dari Panel. Bermanfaat untuk menangani aplikasi yang berjalan pada Web Browser.