Mengatasi kesalahan program

Posted by windkuat on Thursday, May 13, 2010 | 9 komentar

Met pagi kawan kawanQ.. Kali ini edukita akan memberikan tips untuk mengatasi kesalahan program. Gini nich ceritanya...
Kalo anda suka bermain program (program kok dibuat mainan he he), anda pasti sering ketemu dengan compile error atau script error.  Dalam penulisan program wajar saja ada kesalahan dalam penulisan program yang membuat program tidak berjalan atau ERROR.

Bagi anda yang sudah mahir membuat program kesalahan sudah jarang muncul dan bisa saja program sekali tulis dan langsung jalan dan langsung build success. Bagi yang belum mahir seperti yang baru masuk kuliah, lha disini ada trik agar terhindar dari kesalhan menulis program. Berikut ini cara mengatasi kesalahan program:

  1. Kesalahan biasanya disebabkan karena kurang dalam menulis tanda baca. Misalnya tanda kurung kurawal ({}), tanda titik koma (;) dan tanda kurung (). Untuk mengatasi hal tersebut, jangan lupa langsung menutup program yang tidak anda ketik. misalnya seperti ini:




    void tidakSalah(){
    //langsung tutup kurung kurawal untuk mengatasi kesalahan
    }

    Jika anda tidak langsung menutup kurung kurawal tersebut, mungkin anda akan lupa berapa tutup yang anda butuhkan. Misalnya code dibawah ini mempunyai banyak kurung kurawal dan tutupnya.



    void tidakSalah(){
    int a,b,c; // segera tutup statement dengan ;
    for(a=0; a<=7; a++){
    if (b==2){
    System.out.println ("nilai b=" + b)
    }//tutup if }//tutup for }
  2. Kesalahan selanjutnya karena kita salah dalam penulisan syntax program. Misalnya ketika mengetik "System", kita salah dan menulis "system". Tentunya kesalahan yang sepele dan membuat jengkel tentunya. Untuk mengatasi hal ini kita tekan Ctrl + Spasi ketika menulis syntax. Misalnya:



    void tidakSalah(){
    int a,b,c; // segera tutup statement dengan ;
    for(a=0; a<=7; a++){
    syst // setelah menulis 'syst' tekan Ctrl + Spasi.
    System // akan menjadi seperti di samping kiri.
    }//tutup for }
  3. Kesalahan lain yang mungkin muncul adalah kesalahan Algoritma ketika memprogram. Lha cara ini memang sedikit sulit. Tips untuk mengatasi kesalahan ini yaitu jika ada yang salah Algoritma, Anda baca dan teliti kesalahan program Anda. hehhe

Sekian dulu ya teman2 edukita tips tentang pemrograman. Tips diatas merupakan tips java. Tetapi untuk anda yang lebih suka memprogram menggunakan bahasa pemrograman yang lain, anda bisa saja menggunakan tips diatas. Misalnya teman menggunakan pada Action Script Flash. Ada yang perlu ditanyakan?? Ada yang mau diskusi? Comment aja ya dibawah ini.